Minggu, 28 Maret 2010

37% Anak Usia 5 Tahun Kunjungi Facebook

LONDON - Sebanyak 37 persen anak usia lima hingga tujuh tahun diketahui kerap mengunjungi situs jejaring sosial seperti Facebook sepanjang 2009. Namun tak diketahui berapa banyak yang memiliki akun di Facebook.

Hal tersebut terungkap dalam laporan tahunan yang dilakukan regulator telekomunikasi Inggris, Ofcom dalam laporan tahunan bertajuk 'Children's Media Literacy Audit for 2009'. Dalam laporan tersebut juga terungkap bahwa satu dari lima anak berusia delapan hingga 12 tahun sering melanggar aturan mengenai batasan umur yang terdapat dalam sebuah situs jejaring sosial.

Diperkirakan, secara keseluruhan 19 persen anak-anak di Inggris berusia lima tahun ke bawah memiliki akun di jejaring pertemanan. Ofcom mendapati 11 persen anak-anak mengakses Bebo dan empat persen anak-anak masuk ke MySpace.
Telegraph, Minggu (28/3/2010) melansir, data tersebut dikumpulkan dari survei yang melibatkan 747 anak-anak berusia 15 tahun ke bawah.

Lantas bagaimana pengawasan orangtua atas aktivitas anak-anaknya di Internet. Ofcom mengungkapkan, 93 persen orang tua diketahui kerap mengecek dan mengawasi aktivitas anaknya di internet.

Selain itu, anak-anak di Inggris juga kerap mengunduh film dan musik secara ilegal. "44 persen anak usia 12 hingga 15 sering mengunduh apa yang sebenarnya ilegal, seperti film atau musik," tulis Ofcom dalam laporannya. (ugo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar