Kamis, 01 April 2010

Microsoft & Ford Buat Aplikasi Pengaturan Energi Listrik













NEW YORK - Ford Motor dan Microsoft bekerjasama menciptakan aplikasi online yang dirancang untuk membantu pemilik mobil Ford elektrik mengatur penggunaan listrik rumah ketika mereka mengisi ulang tenaga listrik mobil.

Aplikasi bernama Microsoft Hohm ini ditawarkan kepada para pemilik mobil elektrik Ford secara gratis, demikian pengumuman yang disampaikan keduanya di ajang New York International Auto Show. Ford juga berencana meluncurkan lima mobil listrik hingga 2013, dimulai dengan Transit Connect Electric yang diperkenalkan tahun ini.

Chief Executive Ford Alan Mulally mengungkapkan, tujuan mereka adalah membuat kendaraan bertenaga listrik agar dapat terus hidup, menghadirkan pengisian ulang energi yang terjangkau dan interaksi dengan kegunaan listrik yang lebih cerdas.

Dilansir Reuters, Kamis (1/5/2010), aplikasi tersebut dapat membantu kendaraan dan pemilik rumah bisa memilih kapan akan mengisi ulang baterai kendaraan.

"Pengguna disarankan mengisi ulang energi listrik mobil pada malam hari, ketika konsumsi listrik tidak terlalu banyak dan mahal," ujar CEO Microsoft Steve Ballmer.

Ballmer pun menambahkan, layanan ini merupakan langkah signifikan dalam pengembangan infrastruktur yang akan membuat kendaraan listrik sukses di pasaran.

Tak hanya itu, langkah ini tentu saja mempererat hubungan antara Microsoft dan Ford. Seperti diketahui, sebelumnya sistem komunikasi dan hiburan milik Ford bernama Sync juga berbasis teknologi Microsoft.

Ford telah menginstal sistem Sync yang dikontrol oleh suara ini untuk lebih dari dua juta kendaraan, sejak diperkenalkan sekira tiga tahun lalu. (rah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar